Wednesday, August 15, 2012

Membaca pesan-Nya

Setiap saya membaca buku, saya serasa berdialog atau setidaknya mendengarkan sang penulis menguraikan isi otaknya. Lewat kata-kata yang terukir rapi, penulis mengajak pembacanya untuk memahami pikirannya bahkan kalau bisa menuruti apa yang penulis inginkan.

Tentunya sama halnya dengan saat kita membaca sebuah buku suci. Buku suci yang saya baca sesuai dengan agama saya yaitu Al Quran. Pesan, peringatan, dan janji Allah tertuang indah dalam surat-surat Al Quran. Sebagai orang yang tidak berbahasa ibu Arab, maka saya agak kesulitan memahami artinya. Namun, beruntunglah ada banyak tafsir dan terjemahan yang membantu saya untuk memahami apa yang Allah sampaikan.

Pada saat membaca itulah, koneksi antara manusia dan Sang Pencipta serasa dekat. Serasa tercipta suatu ruang dan waktu yang unik yang memberikan wadah untuk berdialog. Membuka penjelasan penerjamah dan mencoba menganalisis pesan dibalik ayat merupakan kedekatan tersendiri antara Sang Pencipta dan makhluk terpilih ciptaan-Nya.

No comments: