Saturday, November 07, 2009

Keluarga Bung Tomo Beri Penghargaan Kepada Presiden

TEMPO Interaktif, Surabaya - Keluarga Bung Tomo memberikan penghargaan kepada 33 lembaga maupun perorangan yang dinilai ikut membantu hingga pria bernama asli Sutomo itu mendapatkan gelar pahlawan nasional pada 2008 lalu.

Pemberian penghargaan itu dilakukan di sebuah rumah makan di Jalan Bubutan Surabaya Sabtu (7/11) malam ini. "Pemberian penghargaan Ini wujud ungkapan terima kasih kami kepada pihak-pihak yang telah membantu Bung Tomo meraih gelar pahlawan," kata putera Bung Tomo, Bambang Sulistomo kepada Tempo di Museum Tugu Pahlawan, Sabtu sore.

Menurut Bambang, pihak-pihak yang akan diberi penghargaan itu antara lain Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, bekas menteri sosial Bachtiar Chamsyah, Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Wakil Walikota Surabaya Arif Afandi, Radio Republik Indonesia dan sejumlah media massa. "Momentum pemberian penghargaan ini bersamaan dengan peringatan hari pahlawan," kata Bambang.

Bambang yang mengenakan seragam ala pejuang tempo dulu bersama Gus Ipul -sapaan akrab Syaifullah Yusuf dan Arif Afandi, selanjutnya menonton film dokumenter peristiwa 10 Nopember 1945 dan mendengarkan rekaman pidato Bung Tomo di dalam museum Tugu Pahlawan.

Sejumlah orang yang mengenakan pakaian ala pejuang ikut mendampingi mereka. Syaifullah menyatakan Bung Tomo layak memperoleh gelar pahlawan karena jasanya yang besar pada perang 10 Nopember di Surabaya. Namun di era orde baru pemerintah tak meluluskan upaya tersebut. "Pemprov Jatim mendukung keinginan keluarga Bung Tomo yang memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak," kata Syaifullah.


http://tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/11/07/brk,20091107-206986,id.html

No comments: